Kandungan, Khasiat dan Manfaat Buah Nanas

Bookmark and Share

Melancarkan Pencernaan

Khasiat dan Manfaat Buah Nanas 
Buat temen-temen yang suka makan nanas, agar bisa lebih tau lagi tentang  Khasiat dan Manfaat Buah NanasBuah nanas (Ananas comosus) ialah sejenis tumbuhan tropical. Buah nanas merupakan salah satu buah yang unik, karena mempunya ciri khas tersendiri, berupa mahkota yang berada di atasnya, di samping itu juga buah nanas mempunya kanduangan air hampir 90 %.
Buah nanas adalah tumbuhan asli berasal dari Brazil, Bolivia, dan Paraguay. Buah nanas adalah buah yang memiliki mata yang banyak  dan memiliki  warna kuning keemasaan. Buah nanas memiliki segudang khasiat untuk tubuh kita, baik untuk kecantikan maupun kesehatan. Pohon nanas sendiri dapat tumbuh subur di daerah beriklim tropis seperti di indonesia dengan masa panen buah nanas  relatif singkat, yaitu antara 2 sampai 3 kali setahun.

Kandungan Buah Nanas

Buah Nanas banyak mengandung vitamin A dan C sebagai antioksidan. Buah Nanas mengandung kalsium, fosfor, magnesium, besi, natrium, kalium, dekstrosa, sukrosa, dan enzim bromelain. Bromelain berkhasiat sebagai antiradang, membantu melunakkan makanan di lambung, serta menghambat pertumbuhan sel kanker. Kandungan seratnya dapat mempermudah buang air besar pada penderita sembelit.
Buah Nanas juga mengandung phitochemical yang baik untuk kesehatan. Phitochemical adalah zat, bukan gizi yang dapat dijumpai pada tumbuhan yang memilki aktifitas biologi yang menguntungkan tubuh, yakni sebagai antioksidan. Selain itu buah nanas juga mengandung enzim bromelain yang dapat mengubah protein pada susu daging dan gelatin sehingga membuat bahan makanan menjadi basah. Karena sifatnya itu, buah nanas dapat mengempukan daging dengan meletakkan potongan nanas di atasnya, namun jangan terlalu lama supaya tidak mengalami kelembekkan.
Tak hanya buah nanas saja yang berkhasiat, tetapi bagian lain dari buah nanas juga berkhasiat seperti, kulit buah nanas yang berfungsi untuk membersihkan batu marmer. Daun buah nanas berfungsi sebagai piretik (penurun panas).

Khasiat Manfaat Buah Nanas

Berikut ini khasiat dan manfaat buah nanas yang membuat tubuh sehat, antara lain :
1. Manfaat Buah Nanas untuk Melancarkan Pencernaan
Bromelain yang ditemukan dalam buah nanas membantu dalam pencernaan. Makan satu potong buah nanas setelah makan akan mengurangi gas, kembung, mual, sembelit dan gejala sindrom iritasi usus besar. Jus buah nanas segar juga membantu dalam menghilangkan cacing usus.
2. Khasiat Buah Nanas untuk Mencegah Degenerasi Makula
Buah nanas mengandung banyak beta karoten yang baik untuk mata dan penglihatan. Studi menunjukkan bahwa makan tiga atau lebih porsibuah nanas sehari dapat menurunkan kesempatan mendapatkan degenerasi makula yang berkaitan dengan usia, penyebab utama kehilangan penglihatan pada orang tua.
3. Buah Nanas Kaya Vitamin dan Mineral
Manfaat nyata dari buah nanas adalah mengandung banyak vitamin dan mineral, seperti kalsium, kalium, serat dan vitamin C. Di samping itubuah nanas juga rendah lemak dan kolesterol.
4. Buah Nanas Baik untuk Gigi
Gusi memegang gigi pada tempatnya dan gigi akan berada dalam kondisi yang buruk jika Anda memiliki gusi tak sehat. Dengan makan buah nanas, Anda memperkuat gusi selama bertahun-tahun kemudian.
5. Manfaat Buah Nanas untuk Meredakan Batuk dan Pilek
Manfaat buah nanas ketika Anda terserang flu atau batuk adalah sama dengan manfaat dari jus jeruk, tetapi ada keuntungan tambahan dari buah nanas. Bromelain yang ditemukan dalam buah nanas, telah ditemukan untuk membantu menekan batuk dan melonggarkan lendir.
6. Khasiat Buah Nanas untuk Meringankan Sinusitis dan Bronchitis
Bromelain telah terbukti bermanfaat untuk infeksi saluran pernapasan bagian atas seperti sinusitis dan bronkitis. Bromelain membantu mengurangi inflamasi hidung dan memecah lendir di hidung, sinus dan daerah pernapasan.
7. Manfaat Buah Nanas untuk Membantu Arthritis
Bromelain pada buah nanas juga dianggap sebagai anti inflamasi yang efektif. Konsumsi secara teratur setidaknya satu setengah potong buah nanas segar harian diakui dapat meringankan nyeri sendi pada osteoarthritis. Di Jerman, bromelain disetujui sebagai obat pasca-cedera karena dianggap untuk mengurangi inflamasi dan pembengkakan.
8. Khasiat Buah Nanas Mengurangi Risiko Penggumpalan Darah dan Penyakit Jantung
Buah nanas dapat membantu mengurangi risiko bekuan darah, dengan demikian juga mencegah terjadinya masalah pada jantung.
9. Manfaat Buah Nanas untuk Memperkuat Tulang
Salah satu manfaat dari buah nanas adalah membantu membangun tulang yang sehat. Buah nanas kaya mangan, mineral yang diperlukan bagi tubuh untuk membangun tulang dan jaringan ikat. Hanya satu potong buah nanas memberikan 73 persen dari jumlah yang disarankan harian mangan. Manfaat buah nanas dapat mempengaruhi pertumbuhan tulang pada orang muda dan penguatan tulang pada orang tua. 

Efek dari Makan Buah Nanas Berlebihan, yaitu :

  • Meningkatkan gula darah. Buah nanas masak mengandung kadar gula yang cukup tinggi.
  • Menimbulkan rasa gatal. Terkadang sehabis makan nanas segar, mulut dan lidah terasa gatal.
  • Buah Nanas muda berpotensi sebagai abortivum atau sejenis obat yang dapat menggugurkan kandungan.
  • Memicu Rematik. Di dalam saluran cerna, buah nanas terfermentasi menjadi alkohol.
Semoga bermanfaat ya bagi kalian semua yang gemar memakan buah nanas... :)

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment