Widget Blog Yang Tidak Perlu Di Pasang

Bookmark and Share
lutfi blogs - Dalam dunia blogging kita pasti senang melihat tampilan blog kita kelihatan meriah dengan berbagi pernak-pernik hiasan blog yang menjadikan tampilan blog kita kelihatan profesional dan cantik. Tapi sadarkah bahwa jika kita terlalu banyak memasang pernak-pernik atau istilahnya widget di dalam sebuah blog akan menambah berat proses loading blog kita. Padahal di dalam optimasi SEO pada sebuah blog salah satu dan kuncinya adalah proses loading blog yang cepat. Buatlah blog kita loadingnya secepat mungkin sehingga saat pertama kali pengunjung/visitor yang berkunjung di blog kita akan senang karena loading yang cepat. Tidak seperti kalau blog kita yang loadingnya lama maka jangan harap pengunjung mau balik lagi mengunjungi blog kita, bahkan karena loading blog yang berat dan blog belum tampil 100% pengunjung sudah buru-buru mencari tanda [X] close dan buru buru kabur hehehehe... benar bukan? Nah maka dari itu hindari memasang widget-widget atau pernak-pernik blog yang tidak diperlukan. Di samping widget itu tidak diperlukan dan juga tidak begitu berguna di dalam blog kita, blog kita juga akan bertambah berat karena banyaknya kode javascript yang terpasang di sebuah blog. Berikut ini beberapa widget yang tidak perlu di pasang di sebuah blog.
Widget Blog Yang Tidak Perlu Di Pasang
Berikut ini Beberapa Widget Blog Yang Tidak Perlu Di Pasang:
  • Widget Jam
 Untuk apa kita memasang widget jam di blog kita? toh di pojok kanan bawah komputer kita sudah ada jam.
  • Widget Kalender
Ini juga tidak perlu di pasang. Kecuali pada sebuah blog instansi sekolahan yang terdapat jadwal kalender sekolahan, kalau kalender semacam ini perlu dipasang.
  • Widget Musik
Kalau blog sobat isinya tentang musik ini tidak masalah. Tetapi anda pasti menjumpai sebuah blog ketika di buka langsung terdengar alunan lagu yang play secara otomatis dan ketika kita membuka halaman lainnya musik itu akan kembali main dari awal lagi. Ini begitu menjengkelkan benar buakan?
  • Script Pesan Pembuka dan Penutup
Pernahkah anda menjumpai ketika membuka suatu blog anda menemui pesan "selamat datang di blog kami bla bla bla" dan "masukkan nama anda" juga "terimakasih telah berkunjung di blog kami" dll. Widget ini tidak perlu di pasang karena akan sangat menjengkelkan pengunjung karena harus memasukkan teks setiap membuka halaman blog.
  • Iklan Popup atau Iklan Melayang
Iklan Popup atau Iklan Melayang yang menutupi artikel yang sedang kita baca akan sangat menggangu pengunjung saat membaca postingan. Pernahkah anda menemuinya? walaupun trik ini sangat efektif untuk meningkatkan klik iklan, tapi menurut saya hal ini sangat mengganggu dan kebanyakan pengunjung yang menemui iklan seperti ini buru-buru mencari tanda [X] close. Maaf bukan bermaksut menyinggung para blogger lain yang memakai cara seperti ini.
  • Animasi
Memang gambar animasi/gambar gerak bisa menambah tampilan blog kita kelihatan hidup. Tetapi kebanyakan memasang animasi di blog akan menambah berat loading blog kita. Kembali ke poin optimasi SEO agar blog kita loadingnya cepat maka hindari memasang animasi yang kurang di perlukan.
  • Widget Artikel Terbaru
Widget artikel terbaru sebenarnya juga tidak begitu berguna. Coba bayangkan misal di halaman home blog anda di set 10 Post dan pada widget artikel terbaru juga di set 10 artikel terbaru, terus apa fungsinya widget artikel terbaru? karena blogger sudah otomatis kalau ada post terbaru selalu di letakkan di paling atas halaman home. Jadi widget ini kurang berguna.

Mungkin itu dulu tentang widget yang tidak perlu di pasang dalam sebuah blog. Ingat yang di cari oleh visitor/pengunjung adalah isi konten bacaan/artikel. Mereka mencari apa yang di cari dan buatlah pengunjung nyaman di blog anda dan jangan di buat ribet maka dia akan kembali lagi mengunjungi blog anda. Ini adalah salah satu optimasi SEO untuk blog anda. Bagaimana menurut anda? salam lutfi blogs Berbagi.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment