Tips Merawat Komputer / Laptop

Bookmark and Share
3073314_1266026022_73976876_1-pictures-of-affordable-computer-service-repairs-in-guelph
Selamat pagi teman-teman lutfi blogs. saya mau berbagi tentang tips merawat komputer agar tidak ada banyak masalah saat di gunakan dan performa komputer pun tetap maksimal.   Karena untuk sekarang ini penggunaan komputer atau laptop sudah sangat penting untuk setiap membantu pekerjaan kita sehari-hari. Langsung saja, ini tips nya :
  1. Bersihkan Hardware komputer atau laptop secara berkala dengan kuas. Penting sekali kita melakukan ini untuk menjaga umur hardware kita agar awet muda.
  2. Pilih software yang paling sering tidak kamu gunakan dan uninstall program itu karena dari segi memory software itu cukup memakan tempat dan biasanya file dari software itu rusak (corrupt) sehingga mengganggu kinerja windows.
  3. Bersihkan Cache, cookies browser dan sampah di recycle bin. Untuk yang langkah satu ini paling praktis menggunakan program CCleaner. Program ini ringan di jalankan dan menghapus dari semua sampah browser, file recycle bin dan Windows Log (aktivitas kita menjalankan windows).
  4. Install Antivirus yang kamu percaya untuk mencegah software kamu terinfeksi virus, karna kalau sudah terinfeksi kinerja komputer kamu akan menjadi lambat dan sering hank (ini kalo sudah parah.. kudu di brantas !!?!) dalam hal ini saya pribadi memakai Eset NOD32.
  5.  Memasang stavolt atau stabilizer untuk mencegah kerusakan hardware saat listrik mati tiba-tiba. Pada kasus laptop jangan sekali-kali anda mencopot baterai laptop kalo sedang memakai laptop dalam jangka panjang (berjam-jam) karna fatal terjadi saat mati listrik laptop bisa rusak pada LCD nya setidaknya kalau ada baterai yang rusak baterai dulu dari pada LCD (harga LCD lebih mahal dari baterai nya bung kwkwkwk..)
  6. Lakukan defragment harddisk dan scandisk secara berkala (2-3 minggu sekali). Langkah ini di gunakan untuk memperpanjang umur harddisk supaya tidak banyak bad sector dan rusak.
  7. Cek dan bersihkan kipas laptop supaya sirkulasi udara di dalam casing komputer / laptop bisa lancar. Biasanya ini yang sering menjadi penyebab lambatnya atau malah sering hank pada komputer atau laptop karna tidak lancar nya saluran udara.
  8. Letakan external speaker agak jauh dari monitor komputer atau laptop, karena magnet dari speaker tersebut bisa mengganggu layar komputer atau laptop.
  9. Pakailah OS windows yang cocok dengan kriteria hardware komputer atau laptop kamu.
  10. Pakailah software untuk memaksimalkan performa komputer atau laptop anda, sesuai dengan hardware yang anda pakai. untuk langkah ini saya memakai tune-up utilities agar kinerja dari berbagai hardware lebih maksimal.
Demikian tips dari saya, langkah di atas sudah saya terapkan untuk laptop saya sendiri dan hasil nya laptop tetap awet meski sudah tidak muda lagi. Merk dan harga bukan nomor satu yang penting kita mau merawat laptop atau komputer agar tetap joss !?! hehehehe... Semoga share ini bermanfaat..

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment