2 Langkah Mudah Optimalkan BlackBerry

Bookmark and Share
Lutfi blogs - Seringkali pengguna BlackBerry mengeluh saat gadget kesayangannya bekerja lamban. tidak sedikit pula yang kecewa karena borosnya baterai BlackBerry.

Padahal, seringkali pengguna sendiri secara tak sadar memang menggunakan BlackBerry terlampau aktif. Untuk mengatasi hal ini, Faizal Adiputra, mewakili anggota komunitas ID BlackBerry, punya solusi jitu. Berikut ini tips-tips yang biasa ia gunakan

1. Optimalisasi Baterai
- Kurangi Brightness pada Backlight dan ubah Time Out-nya. Default Brightness pada tiap perangkat BB adalah 100. Diubah ke 80 atau 90 juga terasa cukup nyaman untuk di dalam ruangan.
- Matikan lampu LED indicator (lampu kelap-kelip hijau dan merah). Meskipun menarik, tapi ini sebenarnya memakan lifetime baterai.
- Minimalisasi suara alert. Cukup bunyi telepon, SMS, BB Messenger, atau panggilan apa pun yang dianggap penting saja. Semua tak perlu diaktifkan.

2. Optimalisasi Memori
- Restart BB, keluarkan baterai bila perlu. Dengan langkah ini, seolah-olah Anda telah merefresh device-nya lagi. Dianjurkan dilakukan 1 kali sehari.
- Uninstall atau hapus bahasa, program atau aplikasi-aplikasi yang tidak pernah dipakai via Device Manager. Biasanya, default dari RIM pilihan bahasanya masih banyak.

Kalau dengan dua langkah ini, perangkat BlackBerry belum optimal, alangkah baiknya Anda mengupdate firmware terbaru dari website resmi operator atau dari situs RIM.

Di tempat yang sama, Faizal juga memberikan tips-tips bagi pengguna BlackBerry yang sering bepergian ke luar negeri. Menurutnya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh BB-user sebelum bepergian ke luar negeri agar tagihan BlackBerry-nya tidak bengkak.
- Aktifkan Wi-Fi. Matikan layanan data BlackBerry operator bila Anda tak ingin biaya tagihan Anda bengkak.
Bila tak ada Wi-Fi;
- Cukup aktifkan e-mail personal saja.
- Jangan membuka mailing list.
- Jangan membuka Contact list di berbagai jenis Instant Messenger (YM, MSN Live, dan lain-lain).
- Jangan terlalu sering mengirim dan menerima file berkapasitas besar.

Nah, selain itu, ada lagi satu hal yang menurutnya seharusnya dilakukan BB-user sebelum mereka bepergian ke luar negeri.

"Cari roaming partner dari operator BlackBerry yang kita gunakan. Misalnya, Anda ingin bepergian ke Singapura. Sebelum berangkat, ada baiknya Anda hubungi customer service operator Anda. Kemudian tanyakan, apakah mereka bekerja sama dengan salah satu operator di Singapura. Apabila ada, Anda tak perlu khawatir tagihan bengkak selama BlackBerry-an di sana," jelas Faizal.


Semoga bermanfaat -_^

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment