5 virus komputer paling banyak beredar di Indonesia

Bookmark and Share

daftar 5 virus komputer paling banyak beredar di Indonesia masih didominasi virus-virus lama, demikian rilis yang dikeluarkan Eset Indonesia. "Virus dengan varian Ramnit, Sality, Autostart, dan Somoto masuk dalam jajaran 5 besar virus yang paling banyak menginfeksi komputer di Indonesia," demikian kata Yudhi Kukuh, Technical Consultant Eset Indonesia.

Selama bulan Juni 2012, tercatat 5 virus komputer yang paling banyak beredar ini rata-rata menginfeksi komputer di lab sekolah, warnet, maupun komputer pribadi. Berikut adalah daftar lengkap 5 virus komputer paling banyak beredar di indonesia:
 
1. Win32/Ramnit.A
Virus berjenis trojan ini tadinya sempat tergeser dari posisi pertama daftar virus paling banyak beredar di Indonesia hingga akhirnya dia kembali bertengger di posisi pertama Juni kemarin. Sesuai dengan jenisnya, program ini disinyalir bisa mengendalikan komputer dari jarak jauh, mengintip aktifitas komputer, serta mengambil data-data korban.
 
2. LNK/Autostart.A
Virus ini adalah nama lain dari varian virus Win32/CPlLnk.A. Dikabarkan merupakan varian lain dari virus berbahaya Stuxnet. Cara kerja virus ini adalah jika ada orang yang membuka folder dengan shortcut yang diberikan virus ini maka saat itu juga virus aktif. Korban virus ini mayoritas dari Amerika Serikat (58%).
 
3. Win32/Ramnit.F
Sama seperti "sepupu"nya yang bertengger di urutan pertama, Win32/Ramnit.F mampu merekam aktivitas komputer program. Malware ini juga mampu membuka firewall dan menyamar menjadi program palsu. Sangat beralasan jika Win32/Ramnit.F masuk ke 3 besar 5 virus yang paling banyak beredar di Indonesia.
 
4. HTML/Frame.B.Gen
Trojan berbahaya ini mampu membajak komputer berbasis windows lalu menginstall backdoor tanpa diketahui oleh pemilik komputer. Selain itu, virus ini juga mampu menonaktifkan antivirus, menghapus registry, bahkan memantau aktivitas browsing korban. Selain itu, virus ini juga mampu membuat hang sistem komputer berbasis Windows sehingga membahayakan data di dalamnya.
 
5. Win32/Sality.NBA
Urutan paling buncit dalam list 5 virus komputer paling banyak beredar di Indonesia adalah virus dengan varian sality ini. Program "nakal" ini bisa mengambil alih resources komputer berbasis windows sehingga memperlambat kinerjanya. Tercatat ratusan ribu komputer di Indonesia terjangkit virus ini.

Source: JakartaMediaOnline.com

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment