Makanan Pengusir Bad Mood

Bookmark and Share

Merasa bad mood  atau tidak bersemangat di tempat kerja? Pasti hampir setiap orang mengalaminya. Padahal mood diperlukan sebagai bagian dari bahan bakar kita, untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan yang sedang menumpuk di depan mata.
Dan, celakanya ketika dalam kondisi perasaan sedih, bosan, atau tidak semangat, tubuh kita juga ikut bereaksi, badan terasa lemas, mengantuk, dan akhirnya aktivitas kita pun terganggu. Kalau sudah begini, performa kerja pun ikut turun.
Namun ada cara yang sangat menyenangkan untuk mengatasinya, yaitu dengan makan. Waw! Makan? Tenang, makanan - makanan penghilang mood buruk ini sudah terbukti menyehatkan dan tidak akan membuat berat badan kita melonjak dratis.
Seperti dilansir dari laman womansday, ada beberapa makanan yang dapat membantu Anda mengatasi "bad mood"
1. Stres: Dark Chocolate
Dark Chocolate terbukti dapat membantu mengurangi hormon stress. Dalam penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan Swiss, ditemukan bahwa memakan sepotong kecil dark chocolate dapat meningkatkan tingkat kortisol, dan kolamin, sehingga dapat mengurangi kecemasan, serta menambah energi.
2. Lesu dan kurang konsentrasi: Bayam
Tingginya kadar homocysteine dan asam amino yang diproduksi tubuh bisa menyebabkan kerusakan pembuluh darah, dan menggangu aliran darah ke otak sehingga membuat Anda lesu, lambat memproses serta mengingat informasi," ujar Dr. Joanna Dolgoff, MD penulis buku 'Red Light, Green Light, Eat Right'.
Cara untuk mengatasinya adalah dengan banyak mengonsumsi sayuran hijau atau kacang polong. "Asam folat membantu tubuh memproses tingkat homocysteine menjadi lebih rendah," jelas Dolgoff.
3.  Kesal: Apel
Merasa kesal dan mudah tersinggung, bisa menjadi tanda bahwa anda kekurangan energi. Mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan protein adalah cara mengatasi rasa kesal, saran Dr Dolgoff.
Karbohidrat adalah sumber energi yang cepat terbakar di dalam tubuh, sedangkan protein dan lemak dapat memperlambat proses pencernaan dan membuat kadar gula dan energi stabil untuk waktu lebih lama. Cobalah makan apel yang dibalut dengan selai kacang, karena apel adalah karbohidrat kompleks dan selai kacang merupakan lemak sehat, jelas Dr Dolgoff.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment